Definisi Teknik Industri

Definisi Teknik Industri

Ada beberapa definisi tentang Teknik Industri (Industrial Engineering) yang saya dapatkan dari beberapa sumber berbeda. Menurut kamus Webster, Teknik Industri adalah disiplim ilmu teknik yang berkaitan langsung dengan perancangan, perbaikan, dan instalasi sistem yang terintegrasi yang berupa orang, material, dan energi di dalam suatu industri.

Kamus ringkas Britannica mendefinisikannya sebagai aplikasi prinsip ilmu rekayasa dan teknik manajemen ilmiah untuk memelihara suatu tingkat produktifitas pada biaya optimum di dalam suatu perusahaan industri.

Definisi Teknik Industri menurut Wikipedia yaitu disiplin teknik yang berkaitan dengan perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi system terintegrasi seperti orang, pengetahuan, material, peralatan, dan energi dan dibangun atas prinsip dan metode analisis rekayasa dan sintesis seperti matematika, fisika, dan ilmu sosial. Seorang ahli teknik industri bekerja untuk mengeliminsi pemborosan dalam hal waktu, uang, material, energi, dan sumber daya lainnya.

Microsoft Encarta mendefinisikan Teknik Industri sebagai suatu lapangan keilmuan yang mengacu pada penggunaan alat-alat mesin, buruh, dan material mentah di dalam industri produksi yang efisien yang sebagiannya sangat mementingkan pandangan mengenai biaya dan ekonomi produksi, keselamatan kerja dan operator, dan pengembangan mesin otomatis yang menguntungkan.

Sementara teknik industri menurut Institute of Industrial Engineering (IIE) terkait dengan perancangan, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi seperti orang, material, informasi, peralatan, dan energi dan dibangun atas pengetahuan dan keahlian khusus dalam bidang matematika, fisika, dan ilmu sosial bersama-sama dengan prinsip dan metode analisis rekayasa dan desain untuk menetapkan, memprediksi, dan mengevalusi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem.

Sejauh pengamatan saya disiplim teknik industri di beberapa universitas di dunia sangat dekat dengan Systems Engineering. Sering saya menemukan disiplin Industrial Engineering di sekolah-sekolah tersebut disatukan menjadi satu deprtemen menjadi Industrial and Systems Engineering. Bagi saya, seorang insinyur Teknik Industri adalah seorang generalis yang memandang sesuatunya secara holistik sebagai suatu sistem

Definisi Efisien dan Efektif

Efisien artinya melakukan sesuatu dengan sumber daya yang hemat atau dengan tanpa pemborosan. Sementara efektif berarti keadaan dimana tercapainya tujuan yang diinginkan.

Efisien dan efektif berarti tercapainya tujuan dengan sumber daya yang hemat dan tanpa pemborosan. Tercapainya tujuan tersebut bias berarti dalam biaya yang rendah atau waktu yang pendek. Dari kata efisien bisa dibangun kata efisiensi yang merupakan rasio antara penambahan output per input yang digunakan untuk menghasilkan penambahan output tersebut.

Definisi Optimal

Optimal berarti jumlah, derajat, atau sesuatu yang paling disukai yang bisa dicapai dalam suatu kondisi tertentu. Optimum tidak berarti maksimum, karena optimum mempertimbangkan juga faktor-faktor batasan/konstrain.

Kata optimum mengacu pada kualitas dan bukan kuantitas. Itu berarti “yang terbaik”, bukan “yang terbesar” atau “yang paling” seperti dalam temperatur optimum ruang penyimpanan makanan. Sering terjadi bahwa “yang terbaik” dapat berarti juga “yang terbesar” atau “yang paling”, seperti dalam kita mencari ROI yang optimum, yang mungkin menjadi alasan ambiguitas mengenai arti dari kata optimum itu sendiri.

 

Definisi Produktivitas

Ensiklopedia Britannica mendefinisikan produktifitas dari sudut pandang ilmu ekonomi yaitu ukuran efisiensi produktif yang dihitung sebagai rasio dari apa yang diproduksi dan apa yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Input yang digunakan sebagai denominator dari rasio biasanya merupakan faktor tradisional dari lahan produksi, buruh, dan modal baik itu bersifat tunggal maupun agregat/gabungan.

Microsoft Encarta mendefinisikan produktivitas sebagai efesiensi relatif dari suatu aktivitas ekonomi yaitu jumlah produk atau jasa yang diproduksi dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa serta buruh yang digunakan untuk memproduksinya.

Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)

Strength
Kekuatan yang ada pada seorang insinyur teknik industri ada pada keilmuannya yang merupakan gabungan antara manajemen dan engineering. Itu berarti seorang ahli teknik industri memiliki cakupan yang luas di dunia kerja nantinya karena ia bisa kemana-mana dan bisa dimana-mana. Implikasi dari banyaknya disiplin ilmu yang dipelajari di teknik industry akan menjadikan seorang ahli teknik industi memiliki pandangan sistemik. Dia akan berbeda dari disiplin manajemen atau engineering lainnya karena keputusan dan anlisis yang dibuat akan mempertimbangkan banyak factor dan variable secara sistemik. Seorang ahli teknik industri juga bobotnya akan lebih berat danm,memiliki competitive advantage pada masalah optimasi (seperti riset operasi), supply chain, ergonomi, simulasi, kualitas, dan beberapa keilmuan lainnya.

Weakness
Kelemahan seorang insinyur teknik industri adalah bahwa ia cenderung generalis sehingga terkadang tidak memilki spesialisasi mendalam dalam suatu bidang ilmu tertentu.

Kesan di perkuliahan yang saya dapat bahwa teknik industri juga cenderung ke industri manufaktur sehingga akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan usaha yang lebih serta penyesuaian ketika berada di dalam industri jasa.

Opportunity
Peluang yang ada dalam menghadapi persaingan yang kompleks yang saya yakini adalah bahwa ahli teknik industri memiliki cakupan pasar yang luas di dunia kerja karena ia bisa memakan pasar bursa kerja orang manajemen dan engineering bahkan sampai ke lapangan bisnis dan administrasi. Sehingga dengan pasar bursa kerja yang luas itu diharapkan juga peluangnya akan sangat besar.

Kedua adalah bahwa akan selalu ada hal yang perlu di-improve di dalam suatu perusahaan misalnya. Salah satu definisi teknik industri adalah melakukan peningkatan atau efisiensi. Pada masa pertumbuhan ekonomi seorang ahli teknik industri akan dibutuhkan untuk pengembangan sementara pada masa resesi ahli teknik industri akan dibutuhkan untuk efesiensi.

Peluang lainnya bagi seorang teknik industri adalah bahwa ia masih memiliki potensi untuk mengembangkan dirinya atau menjadi terspesialisasi menjadi ahli dalam suatu subset yang lebih kecil. Keilmuan teknik industri masih relatif muda bila dibandingkan dengan disiplin engineering yang lainnya. Teknik industri bahkan bisa melebur bila dicampurkan dengan ilmu komputer dan teknologi informasi.

Threat
Banyak yang mengatakan bahwa Teknik Industri adalah jurusan teknik yang paling tidak jelas. Mungkin pandangan ini lahir karena orang membandingkannya dengan disiplin ilmu teknik yang lainnya. Orang sudah paham kalau seorang insinyur sipil itu pekerjaannya yaitu membuat jembatan, gedung, jalan raya, dan bangunan lainnya. Seorang arsitek berhadapan dengan estetika suatu bangunan, dapat dikatakan bahwa ia merupakan perpaduan antara seni dan teknik. Sementara mungkin anak elektro akan dianggap mahir dalam segala masalah kelistrikan dan telekomunikasi. Insinyur mesin juga pasti orang sudah bisa menebak kalau pekerjaannya akan berhubungan dengan suatu benda yang digerakan dengan motor. Sementara orang masih akan berfikir keras ketika ditanyakan apa itu Teknik Industri.

Saya rasa ancaman yang ada pada seorang lulusan Teknik Industri adalah karena ia masih belum dikenal oleh banyak orang dan perusahaan terutama dalam hal spesialisasi dan pekerjaannya. Banyak yang belum tahu dan masih bingung apa pekerjaan seorang lulusan teknik industri, apa spesialisasinya, dan kalau dikasih pekerjaan mau pekerjaan yang seperti apa. Tambahan lagi, menjadi seorang generalis juga berarti memiliki persaingan yang luas dan ketat sehingga lawannya juga akan banyak dan berada pada disiplin ilmu berbeda serta bursa kerja yang berbeda.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: